Visi

Menjadi pusat studi pendidikan biologi yang unggul di tingkat regional Pasuruan Pada Tahun 2029 yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan untuk memenuhi dan mencetak tenaga guru yang professional, melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkarakter Ahlul Sunnah Waljamaah

Misi

  1. Menyelenggarakan Pengajaran yang baik sehingga mencetak lulusan yang berkualitas
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian akademik yang berkualitas
  3. Memberikan pelayanan terhadap masyarakat
  4. Menjalin  Kerjasama dengan perusahaan dan pihak yang terkait dan juga Pemerintah kota ataupun kabupaten Pasuruan

Tujuan

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan sarjana yang efisien dan relevan untuk mendidikan mahasiswa agar menjadi sarjana yang berkualitas, kompeten dan mampu bersaing di pasar kerja.
  2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif
  3. Menyempurnakan manajemen internal dan organisasi.
  4. Meningkatkan efisiensi dan produktifitas fasilitas yang dimiliki untuk proses belajar mengajar dan melaksanakan penelitian

 

Pengembangan Keilmuan

  1. Berdasarkan Renstra ITSNU Pasuruan Pasuruan pada Bab 2 dan Halaman 4 tentang (Visi, Misi dan Tata Nilai) yang disusun dengan semangat ITNU menuju ”Developing Synergies Between Islam,  Sciences, dan Technology And Art), bertujuan untuk :
  2. Menghasilkan lulusan Pendidikan Biologi yang profesional, mandiri, bermartabat, inovatif serta mampu bersaing dibidangnya.
  3. Memiliki keahlian dalam pengembangan keilmuan pendidikan Biologi ke jenjang yang lebih tinggi
  4. Berkarakter aswaja dalam etika moral akademis dan sosial masyarakat
  5. Sinergis dalam dunia pendidikan terutama dalam mencetak calo pendidik yang profesional

Kajian Capaian Pembelajaran

Prodi Pendidikan Biologi sesuai dengan kurikulum KKNI yang mencangkup :

SIKAP

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu     menunjukkan  sikap religius
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Berkontribusi  dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan    peradaban berdasarkan Pancasila
  • Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,  memiliki  nasionalisme  serta  rasa  tanggungjawab  pada negara dan bangsa
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta  kepedulian  terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan   di  bidang  keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan,  dan kewirausahaan

KEMAMPUAN KERJA

GURU PENDIDIKAN BIOLOGI

  • Mampu menyajikan alternatif solusi sebagai dasar pengambilan  keputusan yang  tepat khususnya pengelolaan dan pemanfaatan Sumber daya hayati  dan lingkungan melalui penerapan pengetahuan, metode Pendidikan Biologi dan teknologi yang relevan sehingga  dapat  memecahkan masalah Pendidikan Biologi
  • Mampu mengembangkan kemanfaatan keilmuan Pendidikan Biologi  untuk diaplikasikan pada lingkup kehidupan sehari-hari yang bermanfaat bagi masyarakat
  • Mampu mengambil keputusan berdasarkan informasi dan data yang akurat untuk memecahkan permasalahan di bidang Pendidikan Biologi khususnya  lingkungan, kesehatan, dan pangan secara komprehensif
  • Mampu mendiagnosa masalah di bidang lingkungan , kesehatan dan pangan dengan menggunakan teknologi secara teliti dan cermat sehingga dapat menghasilkan data yang akurat dan akuntabel

2. WIRAUSAHA PENDIDIKAN BIOLOGI

  • Mampu mengelola sumber daya hayati pada institusi  pemerintah, swasta atau untuk keperluan  wirausaha dengan menggunakan pendekatan teknologi tepat guna sehingga meningkatkan produktivitas
  • Mampu mengembangkan ide-ide berwirausaha dengan menyusun tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil usaha di bidang lingkungan, kesehatan, dan pangan, sehingga dapat memecahkan permasalahan ekonomi.
  • Mampu mengambil keputusan yang bijaksana berdasarkan hasil kajian internal dan eksternal yang komprehensif untuk peningkatan  efisiensi dan produktivitas pangan
  1. ANALIS PENDIDIKAN BIOLOGI
  • Mampu menemukan dan menganalisis masalah/fenomena Pendidikan Biologi dengan  pendekatan teknologi berdasarkan kajian lingkungan, kesehatan dan pangan sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas
  • Mampu memberikan justifikasi/rekomendasi tentang permasalahan Pendidikan Biologi dengan pendekatan analisis dan riset sebagai solusi untuk memecahkan permasalahan  khususnya bidang lingkungan, kesehatan, dan pangan
  • Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil analisis di  bidang lingkungan, kesehatan, dan pangan yang dapat dipertanggung jawabkan

RANAH PENGETAHUAN

  • Menguasai prinsip-prinsip Pendidikan Biologi, biofisika, kimia organik dan biokimia sumber daya hayati, lingkungan hayati,   , evolusi dan aplikasi Pendidikan Biologi dalam pengelolaaan dan pemanfaatan sumber daya hayati maupun lingkungannya, bioteknologi yang relevan, serta menguasai aplikasi software, instrumen dasar, biostatistik metode standar untuk analisis dan sintesis pada bidang Pendidikan Biologi  yang umum atau yang lebih spesifik
  • Menguasai Pendidikan Biologi sebagai ilmu dasar dan teknologinya dengan cara memanfaatkan ilmu terapan bidang Pendidikan Biologi untuk mengembangkan usaha pelestarian dan peningkatan produktivitas lingkungan dalam upaya meno­pang pembangunan yang berkelanjutan dalam bidang pangan dan kesehatan
  • Memiliki pemahaman dan mampu memanfaatkan sumberdaya alam hayati/SDA melalui penerapan bidang regulasi bioteknologi yang mendukung pengembangan industri berwawasan lingkungan dalam lingkup optimasi, diversivikasi dan konservasi.
  • Mampu menguasai fenomena alam dengan pendekatan Bioteknologi, Pendidikan Biologi molekuler, biomonitoring, bioproses, dalam bidang Pendidikan Biologi untuk memprediksi dan memberi solusi masalah bidang Pendidikan Biologi
  • Mampu menguasai  pengetahuan manajemen kewirausahaan Pendidikan Biologi melalui kajian tentang entrepreunership untuk   menganalisis dan memecahkan  permasalahan manajemen kewirausahaan  Pendidikan Biologi melalui penerapan pengetahuan dan teknologi

 

Selengkapnya website resmi Pendidikan Biologi UNU Pasuruan.

Click Disini !